Blogroll

Jumat, 21 Februari 2014

RUMUS-RUMUS IDENTITAS TRIGONOMETRI


Bingung nyari identitas trigonometri?. Disini aja, saya sudah sediakan rumus-rumus identitas TRIGONOMETRI.

eciprocal identities 
displaymath161 
Pythagorean Identities 
displaymath162 
Quotient Identities 
displaymath163 
Co-Function Identities 
displaymath164 
Even-Odd Identities 
displaymath165 
Sum-Difference Formulas 
displaymath166
Double Angle Formulas 
align99 
Power-Reducing/Half Angle Formulas 
displaymath167 
Sum-to-Product Formulas 
displaymath168 
Product-to-Sum Formulas 
displaymath169 

Download as PDF file

Sinus, Cosinus & Tangen

Sinus dalam matematika adalah perbandingansisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). Perhatikan segitiga di kanan; berdasarkan definisi sinus di atas maka nilai sinus adalah
 \sin A = {\mbox{a} \over \mbox{c}} \qquad \sin B = {\mbox{b} \over \mbox{c}}
Nilai sinus positif di kuadran I dan II dan negatif di kuadran III dan IV.

Nilai sinus sudut istimewa

\sin 0^o = 0\,
\sin 15^o = \frac {\sqrt{6} - \sqrt{2}}{4}\,
\sin 30^o = \frac{1}{2}\,
\sin 37^o = \frac{3}{5}\,
\sin 45^o = \frac {\sqrt{2}}{2}\,
\sin 53^o = \frac{4}{5}\,
\sin 60^o = \frac {\sqrt{3}}{2}\,
\sin 75^o = \frac {\sqrt{6} + \sqrt{2}}{4}\,
\sin 90^o = 1\,
Kosinus atau cosinus (simbol: cos) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang terletak di sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). Perhatikan segitiga di kanan. Berdasarkan definisi kosinus di atas maka nilai kosinus adalah
 \cos A = {\mbox{b} \over \mbox{c}} \qquad \cos B = {\mbox{a} \over \mbox{c}}
Nilai kosinus positif di kuadran I dan IV dan negatif di kuadran II dan III.

Nilai cosinus sudut istimewa

\cos 0^o = 1\,
\cos 15^o = \frac{\sqrt{6} + \sqrt{2}}{4}\,
\cos 30^o = \frac{\sqrt{3}}{2}\,
\cos 37^o = \frac{4}{5}\,
\cos 45^o = \frac {\sqrt{2}}{2}\,
\cos 53^o = \frac{3}{5}\,
\cos 60^o = \frac {1}{2}\,
\cos 75^o = \frac{\sqrt{6} - \sqrt{2}}{4}\,
\cos 90^o = 0\,
Tangen dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi segitiga yang terletak di sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). Perhatikan segitiga di kanan; berdasarkan definisi tangen di atas maka nilai tangen adalah
 \tan A = {\mbox{a} \over \mbox{b}} \qquad \tan B = {\mbox{b} \over \mbox{a}}
Nilai tangen positif di kuadran I dan III dan negatif di kuadran II dan IV.

Hubungan Nilai Tangen dengan Nilai Sinus dan Cosinus

\tan A = \frac{Sin A}{Cos A}\,

Nilai Tangen Sudut Istimewa


\tan 0^o = 0\,

\tan 15^o = 2 - \sqrt {3},

\tan 30^o = \frac{\sqrt {3}}{3}\,

\tan 37^o = \frac{3}{4}\,

\tan 45^o = 1\,

\tan 53^o = \frac{4}{3}\,

\tan 60^o = \sqrt{3}\,

\tan 75^o = 2 + \sqrt {3},
\tan 90^o = \infty\,

Sekian artikel dari saya. 

Tabel Sudut-Sudut Istimewa Trigonometri (Sin-Cos-Tan)

Bingung dengan trigonometri? Sudah saya buatkan tabel sudut-sudut istimewa trigonometri (sin-cos-tan).
Sinus, Cosinus, Tangen.


Sekian artikel dari saya. Silahkan berkunjung ke artikel lain.


Sabtu, 01 Februari 2014

10 lagu pengantar tidur

Terbeselung - Kalian butuh insomnia? Cobalah dengarkan lagu-lagu pengantar tidur ini dengan sepenuh hati dan tentunya diikuti mata terpejam. Nikmati alunan nadanya. Lama kelamaan anda akan tertidur dengan pulas.
Berikut 10 lagu pengantar tidur :
10.  simple plan - untitled

             lagu ini menceritakan tentang kesalahan yang pernah ia buat dan semenjak saat itu ia berada diposisi yang tidak di untungkan yaitu menjadi minority di lingkungannya dan sangat tidak diperhitungkan.
musik dalam lagu ini sangat menyentuh dengan nada yang selalu berubah dalam ketukannya sungguh nikmat buat pengantar tidur.

9. coldplay - yellow
   
    lagu yang ini menceritakan tentang sang pembuat lagu yang sedang tergila-gila kepada seseorang dan menuliskan sebuah lagu dengan dasar apa yang seseorang itu lakukan.
dengan musik yang santai lagu ini pas banget lah buat pengantar anda tidur.

8. Fun - why am i the one

        lagu ini menceritakan tentang perpisahan dan pertengkaran yang sering terjadi diantara mereka.
 musik dari lagu ini tidak seperti musik-musik dari fun yang biasanya cepat dan berisik namun lagu ini dikemas dengan lebih easy dan pas banget buat pengantar tidur.

7. van morrison - crazy love

      lagu ini legend banget deh. isi daru lagu ini menceritakan tentang saat jatuh cinta si van morisson sepertinya soalnya isinya dalem banget lah.
musiknya akustik klasik . tenang banget lah kalo dengerin nih lagu

6. landon pigg - blue skies


      ini lagu juara banget deh galaunya ceritanya tentang longdistance gitu . didalam lagu ini semua komplit mengisahkan tentang sakitnya hubungan jarak jauh. musik lagu ini folkrock gitu deh keren banget apalagi suara si landon yang ga kalah dengan jason mraz hahaha

5. sleeping with sirens - all my heart


          lagu ini menceritakan keromantisan saat menjalin suatu hubungan dengan kesetiaan dan ketulusan. pokoknya kena banget lah ini lagu romantisnya. musiknya akustik tanpa simbal dan drum semua pure suara gitar dan vokal saja.

4. landon pigg - the boy who never

      lagu ini menceritakan tentang seorang yang tak pernah menjalani kisah cinta (kasian banget yah ._.), karena dia tidak punya keberanian buat ngatain nya wooow galau abis deh lagu ini, emang si landon jago banget buat syair gileeee. mana musiknya keren lagi folk banget deh ini laguuuu passsss buat pengantar tidur

3. sleeping with sirens - let love bleed red

     sepertinya lagu ini , kelanjutan dari lagu all my heart deh soalnya semua berkaitan masih menceritakan tentang sebuah pengakuan keromantisan dalam bercinta . cuman didalam lagu ini lebih dalem lagi deh.
dengan musik yang diharumkan oleh suara biola dan piano tambah menggigil dengerin lagu ini pas banget buat tidur

2. landon pigg - falling in love at a coffee shop

         lagi-lagi landon pigg hahaha memang lagu-lagunya didesain buat pengantar tidur semua sih kayanya. nih lagu yang satu ini pernah ane bawain di acara kampus enaaaakkkk banget nih lagu suara si landon yang romantis tis tis tis ini bagus banget deh buat pengantar tidur susah buat di kata-katain kalo ente-ente pengen denger download gih sendiri

1. ebiet g ade - nyanyian kasmaran

            ga afdol dong kalo dari tadi kita bicarakan lagu-lagu orang barat tanpa adanya sang maestro dari tanah air. om ebiet adalah salah satu maestro musik dan penyair favorit ane , musiknya yang selalu berkelas dan liriknya yang ga pernah kacangan menjadikan lagu-lagu om ebiet ini tak lekang oleh waktu hahaha.
sulit mengartikan satu-persatu kata-kata dalam lagu-lagu nya om ebiet. semua kata untuk melukiskan sesuatu dikias secerdik otak seniman om ebiet , ini salah satu lagu favorit ane menceritakan tentang seorang wanita yang tengah jatuh cinta sama seseorang yang disebutkan sebagai si mata lembut oleh om ebiet . pokoknya ane ngefans banget dengan om ebiet. dia bisa disejajarkan dengan freddie mercury atau jhon lennon loh pokoknya kerennnnnnn nih om ebiet.

Sekian artikel dari saya. Semoga bisa membawa manfaat bagi Anda semua. Terimakasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa komennya serta berkunjung ke artikel lainnya.